Pendahuluan
“Bilangan” adalah nama yang aneh untuk kitab semacam ini.
Nama bilangan muncul dari para penerjemah Septuaginta, yang dalam Kitab Suci
Ibrani kitab ini berjudul “Di padang gurun [Sinai]” (Lasor 1993, 232). Kitab
Bilangan pasal 1:1 sampai pasal 10:10 merupakan kelanjutan kitab Imamat. Pada
bagian ini, saya akan menjelaskan Bilangan 6:22-27 yang merupakan peraturan,
yaitu tentang orang nazir (Mulder 1963, 69), khususnya ucapan berkat Harun. Berkat
Imamat kepada jemaat menutup bagian kecemaran di perkemahan dalam Bilangan 5-6.
Tafsiran
Ayat 22-23;27: TUHAN
berfirman kepada Musa: "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya:
Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka”; Demikianlah
harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati
mereka."
Materi pengantar dalam ayat 22-23 berasal dari penulis
sendiri, dan ada sedikit alasan untuk menyangkal di ayat 27 bahwa itu adalah
berasal dari penulis. Surat itu adalah komentar halachic tentang pentingnya
berkat imamat (Budd 1984, 75). Bilangan 6:22-23 merupakan kerangka berkat imam
dalam konteks Bilangan 5-6. Ayat-ayat ini mengambil bentuk instruksi ilahi
untuk imamat Harun. Bilangan 6:22-23 menunjukkan bahwa berkat itu dimaksudkan sebagai
fungsi berkat penutup (ayat 22-23) dengan instruksi untuk kemurnian kamp di bab
5-6. Bilangan 6:27 menjelaskan bahwa yang memberkati Israel adalah Allah, bukan
imam (Achtemeier 1994, 66).
Berbeda dengan sebelumnya, menurut Ashley Allah adalah
penulis dan Musa mediator. Imam (Harun dan anak-anaknya) adalah untuk menjadi
orang-orang di Israel yang mengucapkan berkat tersebut. Kerangka kerja ini
menggunakan orang ketiga jamak maskulin, sedangkan berkat itu sendiri bergeser menjadi
bentuk ke kedua orang tunggal maskulin. Pergeseran ini mungkin menunjukkan
bahwa berkat sudah mencapai bentuk liturgis tetap yang tidak dapat diubah.
Bentuk jamak orang ketiga maskulin dilanjutkan pada bagian terakhir dari
kerangka, yang menceritakan berkat yang terjadi jika berkat ini diucapkan dan
semua hukum bagian sebelumnya secara tepat diikuti. Petunjuk para imam adalah
untuk menempatkan nama Yahwe pada umat, dalam arti sempit, namun nama Allah
akan diletakkan pada orang-orang jika mereka menaati hukum imam sebagaimana
terungkap dalam Imamat 1-Bilangan 6. Bahwa Allah adalah orang yang mampu untuk
memberkati umat-Nya yang setia yang terlihat dalam ayat 22 oleh fakta bahwa
Yahweh yang merupakan penulis pewahyuan. Dalam ayat 27 Ia membuat pernyataan
tegas "Aku akan memberkati mereka". Itu adalah Tuhan yang sama yang
menjadi sumber dari semua berkat yang ditetapkan, di sini terlihat dalam keempat
tubuh dari berkat dengan tiga kali lipat pengulangan Yahweh sebagai subyek. (Ashley
1992, 150).
Ayat
24-26: TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau
dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya
kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
Berkat itu sendiri dalam ay 24-26 telah banyak diakui
sebagai awal dan tradisional. Karakteristik linguistik menghubungkannya dengan
mazmur, dan mungkin telah mempengaruhi Mazmur 67 dan mungkin Mazmur 4:7. Hal
ini berirama dengan tiga baris (terdiri tiga kata, lima kata, dan tujuh katanya
masing-masing), dan menggunakan modus orang kedua tunggal alamat yang bukan
tipikal sumber P. Sebuah tanggung jawab imam dalam hal ini dibuktikan dalam Ul
10:8; 21:5, dan tampaknya ada alasan yang baik untuk percaya bahwa bentuk
berkat ini benar-benar digunakan dalam pra-pembuangan Bait Suci, dan bahwa ini
adalah teks yang disimpan di antara Zadok di pengasingan (Budd 1984, 75).
Pada baris pertama ayat 24, imam berdoa agar Tuhan akan
memberkati dan melindungi umat yang setia. Istilah pertama adalah ringkasan
umum dari segala sesuatu yang lain di berkat. Arti dasar dari memberkati
berhubungan dengan kekuatan untuk menjadi subur dan berlimpah atau makmur.
Tuhan, itu berdoa, akan memberikan kelimpahan komunitas setia dan kesuburan di
semua bidang kehidupan (Ashley 1992, 151).
Menjaga. Kekuatan Allah dalam menjaga atau melindungi dapat dilihat dalam konteks yang luas yang dipisahkan dalam Perjanjian Lama. Allah memiliki kekuatan untuk menjaga dan melindungi hamba-hambanya yang hidup dengan setia, di mana pun mereka berjalan. Tuhan dapat mengawasi hamba-hambanya dalam pertempuran, memberikan perhatian untuk umat umat-Nya. Allah juga setia berpegang pada perjanjian-Nya dengan umat-Nya dan teguh pada perjanjian-Nya dan kesetiaan cinta dengan mereka, bukan karena Ia harus tetapi karena rahmat-Nya (Ashley 1992, 152).
Menjaga. Kekuatan Allah dalam menjaga atau melindungi dapat dilihat dalam konteks yang luas yang dipisahkan dalam Perjanjian Lama. Allah memiliki kekuatan untuk menjaga dan melindungi hamba-hambanya yang hidup dengan setia, di mana pun mereka berjalan. Tuhan dapat mengawasi hamba-hambanya dalam pertempuran, memberikan perhatian untuk umat umat-Nya. Allah juga setia berpegang pada perjanjian-Nya dengan umat-Nya dan teguh pada perjanjian-Nya dan kesetiaan cinta dengan mereka, bukan karena Ia harus tetapi karena rahmat-Nya (Ashley 1992, 152).
Dalam ayat 25-26, klausa awal ayat-ayat ini adalah
identik kecuali untuk kata kerja. Kedua klausa bertanya, dalam hal sedikit
berbeda, bahwa TUHAN menunjukkan keberadaan hati kepada umat-Nya yang setia.
Klausa pertama adalah doa yang ia mengambil tindakan untuk membuat wajah-Nya
bersinar dalam kebajikan pada umat-Nya. Kata kerja kedua, mengangkat, tidak di
tempat lain digunakan dengan Allah sebagai subjek. Ketika Tuhan
"menyembunyikan wajah-Nya", Dia marah. Jadi ketika Tuhan mengangkat
wajahnya, maka pada umat-Nya tampak untuk selamanya. Yang "bersinar ke
muka" dan "menadahkan" wajah Yahweh lebih erat didefinisikan
oleh dua klausa kedua. Positif kehadiran Allah dengan isu orang-orang-Nya dalam
kasih karunia dan damai (Ahley 1992, 152).
“Karunia” menggambarkan sikap bahwa isu-isu dalam tindakan
ramah dari pihak yang lebih unggul kepada yang lebih rendah di mana lebih
rendah tidak memiliki klaim atas yang lebih unggul. Keanggunan merupakan aspek
fundamental dari karakter Yahweh, sebagai Perjanjian Lama dan Baru berlimpah
saksi. Bahkan Meskipun penempatan bagian ini menekankan menjaga dari berbagai
hukum dan ritual, yang menjaga hukum tidak memaksa Tuhan untuk menjadi murah
hati. Bahkan, jika pihak rendah layak dan kebaikan, itu bukan menjadi hadiah,
tetapi pembayaran. Yahwe berkuasa dan Dia akan menunjukkan kasih karunia-Nya
kapan dan kepada siapa Ia berkehendak. Kehadiran kemurahan Allah mengarah, pada
akhirnya, untuk perdamaian (šālŏm).
Dengan berakhir dengan berkat šālŏm
Harun berakhir seperti umumnya sebagai permulaan. Šālŏm pada dasarnya bukan hanya tidak adanya konflik, meskipun yang
mungkin menjadi bagian dari itu. Pada dasarnya, šālŏm berarti kepenuhan hidup dan keutuhan dalam semua bidang
kehidupan: materi, keluarga, sosial, dan religius. Orang mungkin mengatakan
bahwa motif pemberian Allah yang utuh adalah karunia-Nya, yang pada gilirannya
kembali ke titik terang keberadaan dan kehendak-Nya untuk memberkati (Ashley
1992, 153).
Aplikasi
Teks Bilangan 6:22-27 merupakan salah satu kerangka
berkat yang dipakai di gereja-gereja masa kini. Pada akhir sebuah ibadah,
susunan kalimat ini diucapkan oleh pendeta sambil melakukan penumpangan tangan
ke hadapan jemaat. Kalimat berkat yang terambil dari teks Bilangan 6:22-27 ini
menjadi sebuah tradisi liturgis gerejawi yang dipakai gereja-gereja di dunia,
termasuk di Indonesia. Teks ini memang merupakan berkat penutup dari sebuah kisah
kecemaran di perkemahan dalam Bilangan 5-6. Jadi, tidak salah kalau teks
Bilangan ini dipakai menjadi suatu susunan liturgis gerejawi yang ditempatkan
di akhir ibadah sebagai penutup.
Namun, yang menjadi permasalahan adalah banyak orang yang
menunggu kata-kata berkat ini setiap kali beribadah. Di gereja saya, beberapa
orang menantikan kata-kata berkat itu dan ketika kata-kata berkat itu diucapkan,
beberapa orang membuka telapak tangan layaknya orang meminta-meminta. Padahal
sesungguhnya yang memberikan berkat itu adalah Allah, bukan pendeta, tetapi
mereka begitu menantikan pendeta memberikan berkat dalam suatu ibadah. Seperti
yang sudah dituliskan di dalam hasil penafsiran, bahwa Allah adalah sang
penulis, Musa sebagai mediator, dan Harun sebagai imam yang mengucapkan berkat
tersebut, demikian pula yang terjadi pada masa kini, Allah adalah sang penulis,
Alkitab adalah sebuah mediator, dan pendeta yang mengucapkan berkat.
Teks Bilangan 6:22-27 ini bukan sekedar kerangka kalimat
berkat, tetapi di dalamnya terdapat kata-kata yang begitu menggambarkan betapa
besar kuasa Allah atas manusia. Tidak banyak pendeta yang mau menjelaskan
kata-kata berkat ini, dan jarang sekali orang memakai teks Bilangan ini sebagai
bahan khotbah, padahal isinya sangat menarik. Teks Bilangan ini menjadi sempit
maknanya karena terkurung dalam sebuah tradisi liturgis gerejawi yang memakai
teks ini sebagai kata-kata berkat. Teks ini bisa menjadi bahan refleksi bagaimana TUHAN mau memberkati manusia yang telah mencemarkan dunia ini.
Saya berfleksi atas teks bilangan ini, terutama pada ayat
24-26:
·
TUHAN memberkati engkau dan melindungi
engkau;
Senantiasa
Tuhan memberkati setiap aspek kehidupan kita, jadi seharusnya kita tak perlu
bersedih dan takut ketika ada permasalahan dan pergumulan, karena Tuhan selalu memberkati
setiap langkah yang kita ambil untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan
selalu melindungi kita. Mata Tuhan selalu terjaga untuk melihat dan menjaga
kita. Maka dari itu, bersukacitalah.
·
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya
dan memberi engkau kasih karunia;
Kasih
karunia telah diberikan Tuhan kepada kita lewat kehidupan kita. Tuhan sudah
dengan murah hati memberikan kasih karunia-Nya kepada kita, jadi apa yang harus
kita lakukan untuk dia? Melakukan hal yang tak melanggar ketetapannya, karena
itulah kewajiban kita sebagai manusia di hadapan Tuhan dan Tuhan telah
memberikan hak kita, yaitu kasih karunia-Nya. Oleh sebab itu, bersukacitalah.
·
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu
dan memberi engkau damai sejahtera.
Kita
sebagai manusia telah dianggap sebagai citra Tuhan, segambar dengan Tuhan, dan
ini dibuktikan ketika Tuhan mau menghadapkan wajahnya kepada kita. Tuhan mau
turun dan menyapa kita, serta memberikan kita damai sejahtera. Sebuah kedamaian
tak perlu dicari-cari manusia lagi karena sebenarnya Tuhan telah memberikan
damai sejahtera, hanya bagaimana cara kita untuk mempertahankan kedamaian itu.
Kedamaian bukan hanya sebatas tidak ada konflik, tetapi kepenuhan hidup dan
keutuhan dalam semua bidang kehidupan: materi, keluarga, sosial, dan religius.
Tuhan telah memberikan kita materi di dunia ini, Tuhan menempatkan kita pada
sebuah keluarga, lingkungan sosial masyarakat, dan kita percaya bahwa Tuhan
adalah sang pencipta. Jadi, bersukacitalah.
Daftar Acuan
Achtemeier,
Elizabeth. The New Interpreter’s Bible
Vol. II. USA: Abingdon Press, 1994.
Ashley,
Timothy R. The Book of Numbers. Gran
Rapids: Eerdmans, 1992.
Budd,
Philip J. Word Biblical Commentary vol 5
– Numbers. Waco: Word Books Publisher, 1984.
LaSor,
William Sandford, David Allan Hubbard dan Frederic William Bush. Pengantar Perjanjian Lama 1. Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 1993.
Mulder,
D. C. Pembimbing Kedalam Perdjandjian
Lama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1963.
No comments:
Post a Comment